Please Translate these sentence depends on your own language in your country

Penting Untuk Pengunjung

Jika sulit mengingat link blog saya, cukup mencari melalui Google menggunakan kata kunci
"ramazotob"
By enda fiVers
Follow

Langkah - langkah merakit komputer


Merakit Komputer

Oke, di artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara-cara merakit komputer. Sebelum membaca artikel ini, ada baiknya anda membaca dulu artikel sebelumnya yang menjelaskan tentang macam-macam PC hardware komputer. Tanpa basa-basi lagi langsung saja kita mulai melakukanya.




+ Persiapan :
1. Persiapkan tools yang dibutuhkan seperti obeng(+) dan (-)
2. Pastikan komputer dalam keadaan mati (power off)
3. Jauhkan segala magnet dari hardisk.
4. Jauhkan air dan cairan dari komputer dan komponennya.
5. Sangat disarankan menginstall dengan disertai manual dari motherboard.

+ Menginstall Processor : (Jenis Socket) :
1. Lokasikan soket Zif dan buka dengan menarik tangkai soket keatas
2. Masukkan CPU kedalam socket dengan menjaga keadaan tangkai soket ketika memasukkan CPU
3. Ketika memasukkan CPU harus memperhatikan orientasi yang benar ada petunjuk khusus pada pocessor dan socket.
4. Dorong kebawah CPU dan kembalikan tangkai soket ke posisi semula.
5. Letakkan Heatsink diatas CPU dan pasang pengikatnya dengan benar.
6. Rangkaikan kabel fan (kipas) dengan supply.

Untuk tipe Slot :

Perhatian : Beberapa Motherboard masih memakai jumper setting atau Dip setting untuk mengatur kecepatan clock untuk processor. Sebagaian yang lainnya secara otomatis mendeteksi kecepatan processor atau setting secara BIOS.

+ Menginstall Memori
Jumlah slot dari memori tergantung dari slot yang tersedia pada MotherBoard. Cara pemasangan DIMM (SDRAM) :
1. Buka kancing socket
2. Periksa figure cetakan RAM
3. Masukkan modul SDRAM ke DIMM slot
4. Kunci/Tekan kembali kancing


+ Menginstall AGP Card
1. Cari Lokasi AGP slot
2. Pasang AGP Port dengan hati-hati, tekan tegak lurus dengan bidang motherboard.

3. Pemasangan peralatan lainnya pada slot PCI atau ISA seperti VGA Card, Sound Card dll caranya sama dengan pemasangan AGP card. Perbedaan hanya jenis Slot yang akan dipasang.

+ Menginstall HardDisk :
1. Cari Port IDE pada MotherBoard
2. Pasang ujung kabel pada IDE connector, perhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada IDE connector.

3. Pasang ujung lainnya pada HardDisk
4. Pasang kabel supply HardDisk (perhatikan bentuk pasangan socket power supply)

+ Menginstall Disk Drive :
1. Cari Port FDD pada MotherBoard
2. Pasang ujung kabel pada FDD connector, perhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada FDD connector.
3. Pasang ujung lainnya pada DiskDrive
4. Pasang kabel supply Disk Drive (perhatikan bentuk pasangan socket power supply)

+ Menginstall Connector untuk Panel pada Chasing
1. Pasang dengan teliti dan connector untuk panel depan Chasing.
2. Posisi pin/kaki connector tergantung MotherBoard (lihat pada manual MB atau perhatikan data yang tertulis disekitar MotherBoard)

+ Menginstall Power Suplly untuk MotherBoard
Pasangkan kabel powersupply yang berwarna warni dari casing ke connector powersupply yang tersedia pada MotherBoard, dengan cara menekanconnector.

+ Memasang Chasis panel Connector
Hubungkan port-port yang ada dengan peralatan yang ada seperti KeyBoard, Mouse, Monitor, dll

+ Aktifkan Komputer
Sebelum mengaktifkan komputer pasang terlebih dahulu supply untuk casing (220V) demikian juga untuk monitor.

+Setting BIOS
Mensetting hal-hal yang diperlukam untuk mengoptimalkan peralatan yang terpasang pada Motherboard. Software BIOS tergantung pada pabrik pembuat MotherBoard.

Troubleshooting Komputer
Kesalahan atau ketidakberhasilan dalam merakit komputer umumnya disebabkan antara lain :
1. Pemasangan Memori yang tidak benar, Motherboard yang baik akan memberi sinyal suara peringatan bahwa pemasangan memori tidak benar. Check dan pasang dengan benar.
2. Pemasangan Card AGP atau VGA yang kurang kencang atau pas, Motherboard yang baik akan memberikan sinyal suara peringatan. Check dan pasang dengan benar.
3. Pemasangan Kabel data untuk HardDisk yang tidak pas atau terbalik. Atau pengaturan posisi Master atau Slavepada HardDisk yang tidak tepat. Betulkan serta check pada jumper HardDisk untuk posisi Master/Slave dan check dengan autodetect HardDisk pada BIOS.
4. Pemasangan Kabel Data Disk Drive yang tidak pas atau terbalik. Betulkan
5. Pemasangan panel connector yang tidak tepat sehingga lampu ndicator untuk HardDisk dan Power On tidak aktif. Betulkan.

22 komentar:

nurcayaku2.co.cc mengatakan...

Terimasih ilmunya yang bermanfaat, juga salam kenal dan sekalian blogwalking

rama_zOtob mengatakan...

@nurcayaku2.co.cc @trimaksih jg atas kunjungannya gan :)

Anonim mengatakan...

It's very effortless to find out any topic on web as compared to books, as I found this article at this site.

my site; buy genf20

Anonim mengatakan...

I am curious to find out what blog system you happen to be working with?
I'm having some small security problems with my latest website and I'd like to find something more risk-free.
Do you have any suggestions?

Also visit my homepage - preparazionilorenzo.It

Anonim mengatakan...

It is truly a nice and useful piece of information. I am happy that you simply shared this helpful
info with us. Please keep us informed like this.
Thank you for sharing.

Also visit my page ... supplements to gain muscle

Anonim mengatakan...

It's really very difficult in this busy life to listen news on Television, so I only use the web for that purpose, and take the newest news.

my site; altawhite.eklablog.com

Anonim mengatakan...

Hi! This is my first visit to your blog! We are a group of volunteers and starting
a new project in a community in the same niche.

Your blog provided us valuable information to work
on. You have done a outstanding job!

Also visit my web blog: buy eazol

Anonim mengatakan...

With havin so much content do you ever run into any problems
of plagorism or copyright infringement? My site
has a lot of unique content I've either created myself or outsourced but it seems a lot of it is popping it up all over the internet without my agreement. Do you know any techniques to help protect against content from being stolen? I'd truly appreciate it.



my blog post: buy breast actives

Anonim mengatakan...

Way cool! Some very valid points! I appreciate you writing this write-up plus the rest of the website is also very good.



Check out my web site; http://provillus.herbalcurenow.com

Anonim mengatakan...

You're so cool! I don't believe I have read something like that before.
So good to find somebody with genuine thoughts on this subject matter.

Really.. thank you for starting this up. This site is something that's needed on the web, someone with a bit of originality!

my web blog ... virility ex

Anonim mengatakan...

Hi, I check your blogs regularly. Your story-telling style is awesome, keep it up!


Here is my blog - breast actives and birth control pills

Anonim mengatakan...

Hi there I am so happy I found your web site,
I really found you by mistake, while I was browsing on
Askjeeve for something else, Nonetheless I am here now and would just
like to say thank you for a marvelous post and a all round interesting blog (I also love the theme/design), I don't have time to read through it all at the minute but I have bookmarked it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a great deal more, Please do keep up the excellent work.

Also visit my website provillus uk prices

Anonim mengatakan...

Great web site you have here.. It's difficult to find quality writing like yours these days. I truly appreciate people like you! Take care!!

Also visit my page - breast actives coupon

Anonim mengatakan...

I every time used to study post in news papers but now as I
am a user of web so from now I am using net for content,
thanks to web.

my web site - snorezip

Anonim mengatakan...

You have made some really good points there. I checked on the net to learn
more about the issue and found most individuals will go along with your
views on this website.

My web blog ... http://smokedeter.herbalcurenow.com/articles/how-does-smoke-deter-work

Anonim mengatakan...

I think this is one of the most significant
information for me. And i am glad reading your
article. But want to remark on some general things, The web site style is wonderful, the articles is really nice : D.

Good job, cheers

Here is my blog post: profollica

Anonim mengatakan...

Hi there just wanted to give you a brief heads up and let you know a
few of the pictures aren't loading properly. I'm not sure why but I think
its a linking issue. I've tried it in two different browsers and both show the same results.

Also visit my web site; buygenf20plus.beep.com

Anonim mengatakan...

Nice post. I learn something totally new and challenging on
blogs I stumbleupon everyday. It will always be useful to read articles from other writers and use a little something from other sites.


Here is my web page buy aciphex

Anonim mengatakan...

Right here is the right website for everyone who really
wants to understand this topic. You understand a whole lot its almost hard to
argue with you (not that I personally will need to…HaHa).

You definitely put a new spin on a subject that has
been written about for ages. Great stuff, just excellent!


Here is my web site ... african_mango_ review

Anonim mengatakan...

It's really a nice and helpful piece of information. I'm happy
that you shared this useful info with us. Please keep
us informed like this. Thanks for sharing.

My web site ... hair loss remedy

Anonim mengatakan...

Hi, all is going well here and ofcourse every one is sharing information, that's genuinely fine, keep up writing.

my blog post semenax pills []

Anonim mengatakan...


http://petinsuranceuks.co.uk Vaccinations and routine treatments, such as worming and flea treatments, are generally excluded from cover, as is neutering. We have very active communities on Twitter and Facebook, and most recently have been recognized for our Pinterest presence.

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Silahkan Kirim Komentar Anda

Silahkan Berkomentar dengan Sopan.
Anda bersikap Sopan, Saya pun jadi Segan :)

→Klik Background 2x Untuk Kembali ke Atas←